15 Dec 2016

Jadilah Pengguna Komputer yang Bijak.


           

             Pada Era Digital saat ini, pengguna komputer tidak sebanyak dibandingkan beberapa tahun kebelakang, dahulu komputer hanya dapat digunakan oleh orang-orang tertentu dan pihak tertentu yang memiliki kepentingan tertentu pula, namun saat ini anak-anak sekalipun dapat mengoperasikan komputer. Tentu dengan seiring  perkembangan zaman, kebijakan penggunaan komputer banyak mengalami perubahan, sekarang semua orang dapat menggunakan komputer, baik itu untuk be kerja atau hanya sebatas untuk hiburan.
perkembangan teknologi komputer juga diiringi dengan berkembangnya Sistem Operasi komputer, sistem operasi merupakan suatu program yang berfungsi untuk mengendalikan seluruh fungsi dari suatu komputer, jadi apabila suatu komputer tidak memiliki Sistem Operasi maka komputer tersebut tidak dapat sepenuhnya berfungsi.

            Sistem Operasi yang kita kenal pada saat ini ada 3 yaitu Mircosoft Windows, Apple Machintosh dan Linux, ketiga sistem operasi tersebut adalah sistem operasi yang mendominasi industri software pada saat ini. Namun hanya Sistem Operasi Linux lah yang bersifat OpenSource, Sistem Operasi CloseSource biasanya berbayar sedangkan OpenSource tidak berbayar, banyak pengguna komputer di dunia menggunakan sistem operasi CloseSource seperti Microsoft Windows dan Apple Machintosh.
            Tentunya harga umum dari sistem operasi CloseSource terbilangan mahal, untuk mensiasati hal tersebut tidak sedikit pengguna komputer yang meretas sistem operasi berbayar menjadi tidak berbayar dan menggunakannya, tentu nya selain hal tersebut melanggar hukum ini pun merupakan perbuatan yang tidak baik.Kasus ini pun tidak hanya pada Sistem Operasi saja, banyak software-software bajakan yang seharusnya berbayar tapi bisa kita dapatkan secara gratis, tentu hal tersebut tidak baik,

            Kita sebagai pengguna komputer harus cermat menyikapi hal ini , karena ini bukan persoalan biasa, apabila kita belum mampu membeli sistem operasi CloseSource yang berbayar, gunakanlah sistem operasi OpenSource yang tidak berbayar, itu pun berlaku pada software. Tentunya kita sebagai pengguna cenderung enggan menggunakan, dengan alasan sistem operasi OpenSource tidak populer serta program OpenSource pun dinilai memiliki kinerja yang kurang baik. Itu semua adalah pandangan yang salah, baik itu bersifat CloseSource ataupun OpenSource keduanya memiliki fungsi dan peranan yang sama dalam komputer, dan juga memiliki kelebihan dan kekurangan, maka dari itu kita sebagai seorang pengguna komputer harus bijak, pilihlan yang sesuai dengan kebutuhan dan batasan kita dan tentunya jangan melakukan suatu hal yang dilarang oleh hukum.

1 comment:

  1. What are the best slot games online?
    What is 승인 전화 없는 꽁 머니 사이트 the 메가 슬롯 best slot game online? · 토토 사이트 추천 Big Bass Bonanza · 레이즈 포커 Rainbow Riches · Divine Fortune · Divine Fortune · Gonzo's Quest · 유니벳 Fortune of Olympus

    ReplyDelete