10 May 2018

​“Dengan Internet Peluang Bisnis terbuka lebar. Startup, Bisnis yang menjanjikan di era digital”

Subang- Mahasiswa D-III Manajemen Informatika Politeknik Negeri Subang mengikuti Kuliah Dosen Tamu, kali ini tema yang diusung adalah “Cerdas Memanfaatkan Internet”. Senin(07/05/2018)
Acara ini dihadiri oleh 90 peserta dan dibagi menjadi dua sesi dengan narasumber yang ahli dibidang nya, sesi pertama diisi oleh seorang profesional yang telah bekerja selama 12 tahun di Bhineka.com dan menjadi Commercial Director di Kencana.co.id  yaitu Ade Safaat Mauludin. Pada sesi kedua diisi oleh Iswahyudi Hanifah seorang content creator dan design grafis sekaligus Co-founder dari majalah online otomotif AutonetMagz.com.



Pada sesi pertama Ade menyampaikan tentang perkembangan E-Commerce di Indonesia yang sangat pesat. E-Commerce adalah kegiatan transaksi bisnis secara online yang memanfaatkan internet, Ade memaparkan perkembangan E-Commerce di Indonesia didorong oleh hadirnya jaringan 3G, sehingga masyarakat dimudahkan dalam memenuhi kebutuhan mereka termasuk berbelanja online. Sehingga aktivitas E-Commerce semakin marak dengan adanya toko online (marketplace). Marketplace merupakan penyediaan tempat berjualan yang diatur sistem. Sehingga penjual tidak perlu menyewa tanah dan gedung untuk berjualan.

Selain membahas E-Commerce Ade juga membahas tentang Perusahaan (Startup). Yaitu bisnis yang baru didirikan dan dalam tahap pengembangan untuk mencari pasar yang memanfaatkan terknologi. 



Ade menyampaikan bahwa ada 4 perusahaan startup unicorn di Indonesia yaitu, GoJek, Tokopedia, Traveloka dan BukaLapak. Startup unicorn merupakan perusahaan yang mendapat investasi sebesar 13 Triliun pertahun.
“Cerita sukses Startup Unicorn salah satunya adalah pendiri Tokopedia, William Tanuwijaya yang memulai karirnya dengan menjadi penjaga Warnet," ujarnya

William Tanuwijaya merintis usaha nya dari nol dengan banyak keterbatasan, namun dengan kegigihan dan kerja keras dapat menjadikan Tokopedia menjadi salah satu startup unicorn di Indonesia saat ini.

Menurut Ade, dengan berkembangnya internet yang begitu pesat seharusnya dapat menjadi peluang bisnis dan dimanfaatkan dengan cerdas oleh anak muda Indonesia. 

Sebelum menutup sesi pertama, Ade memberikan tips yakni untuk mendirikan perusahaan startup, yaitu harus berawal dari ide yang dikerjakan, kemudian ceritakan ide tersebut kepada teman yang mengerti teknologi serta cari rekan untuk menjalankan bisnis tersebut. Perlu kegigihan untuk menjalankan usaha startup, jika gagal coba lagi, lagi dan lagi, ” pungkasnya.

Dilanjut dengan sesi kedua tentang Cyberpreneurship oleh Iswahyudi Hanifah. Cyberpreneurship adalah cara untuk mempromosikan barang ataupun jasa melalui internet. Sebagai contoh adalah media sosial Youtube “Dengan internet peluang usaha terbuka lebar dan dapat membawa perubahan serta mengasilkan uang,” ujarnya.

Selain itu Iswahyudin juga berharap mahasiswa Manajemen Informatika Politeknik Negeri Subang setelah lulus wawasannya semakin terbuka untuk berwirausaha dengan memanfaatkan internet dan tidak selalu befikir untuk menjadi karyawan kantoran. Sebagai penutup sesi terakhir Iswahyudin menyampaikan bahwa menurutnya usaha dapat dimulai darimana saja, usaha dapat dimulai dari hobi dan minat kita sendiri asalkan kita mau berusaha dan konsisten dalam menjalankanya, maka hasil yang diperoleh akan maksimal. [adi]

0 comments:

Post a Comment